PT Daiwabo Industrial Fabrics Indonesia

PT Daiwabo Industrial Fabrics Indonesia

PT Daiwabo Industrial Fabrics Indonesia, atau lebih di kenal PT DII, adalah sebuah perusahaan yang berdiri tahun 1998, tepatnya 24 January 1998, berlokasi di Cirebon dengan alamat lengkap di Jl. Raya Cirebon – Bandung KM 12, Plumbon, Cirebon. Luas tanah PT DII adalah 3,86 hektare. Luas bangunan berkisar 16,000 M2. Jumlah karyawan dan Direksi kira-kira berjumlah 160 orang.

PT DII bergerak dibidang tekstil dengan produk jadinya bernama : Dryer Canvas. Dikelompokkan ke perusahaan tekstil karena proses produksinya adalah menggunakan mesin tenun (Weaving), sedang produk jadinya adalah Dryer Canvas, yang merupakan alat untuk pengering bubur kertas. Oleh karena itu end user atau konsumen adalah pabrik-pabrik kertas.

Bahan Baku atau Raw Material yang dipergunakan untuk pembuatan Canvas adalah Benang Polyester (benang synthetic atau Synthetic Yarn) yang diimpor dari Daiwabo Progress Co,Ltd, Jepang. Jenis benang yang dipakai adalah Toray dan Teijin, dan jenis atau tipe lainnya. Toray dan Teijin diproduksi di Jepang danThailand. Benang yang diimpor dalam bentuk kelosan yang disebut Bobbin, dalam satuan kilogram. Selain impor benang dari Jepang, PT DII juga mengimpor benang dari Thailand yaitu benang TTS (Thai Toray Synthetic). Harga benang TTS relatif lebih murah daripada Jepang. Selain bahan baku tadi, untuk proses produksi juga diperlukan bahan-bahan penolong lain, atau biasa disebut Sub Material ,seperti UV Resin, Flexonal dan benang-benang tertentu. Fungsi dari bahan-bahan penolong ini adalah untuk menambah kualitas produk Dryer Canvas.

Untuk memproduksi Dryer Canvas, PT DII dilengkapi dengan 5 Mesin Weaving, yaitu 4 mesin Weaving dari Jurgen, Jerman dan 1 mesin dari Astra, Jepang. Selain itu ada 1 mesin Streching, 2 mesin Warping dan mesin-mesin penunjang lainnya. Produk yang dihasilkan berupa Dryer Canvas, di hitung dalam satuan meter persegi.

Dari hasil produksi PT DII, sebagian besar adalah di ekspor ke luar negeri, kira-kira 80 %, sedangkan sisanya sekitar 20 % di jual di pasar lokal/ domestik. Tujuan ekspor produk PT DII antara lain ke negara Jepang, Taiwan, Thailand, Filipina, Vietnam, China dan sedikit ke Malaysia. Sedangkan untuk pasar domestik adalah pabrik-pabrik kertas di Indonesia. Dalam memasarkan produknya PT DII mempunyai agen-agen yang terdiri dari agen diluar negeri dan agen di dalam negeri.

PT DII adalah Joint Venture antara Daiwabo Holding Co,ltd dengan PT GKBI Investment Jakarta.